Tips Berpuasa di Bulan Ramadan Dengan Hati Gembira dan Produktif

By Farichatuljannah - 2:06 PM



Bulan Ramadhan adalah saat yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia, di mana kita dapat memperdalam hubungan spiritual dengan Allah SWT, dimana segala amal ibadah dan kebaikan kita dilipat gandakan pahalanya.

Makanya rasanya rugi sekali kalau kita tidak benar-benar memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan baik. Yaitu menikmati ibadah puasa dengan berbagi kegiatan menyenangkan, sehingga kita bisa melalui puasa dengan gembira.

Setiap orang punya cara sendiri-sendiri untuk menikmati bulan ramadhan ini. Ada yang rejekinya cukup, mereka ibadah di tanah suci sebulan penuh dan menjalani bulan ramadhan disana. Sungguh inipun impianku. Tapi meski belum mampu aku masih bisa melakukan banyak hal lainnya. Dan beberapa hal menyenangkan yang aku lakukan adalah melakukan hal hal produktif.


Oya, mau cerita dulu...Tau gak sih, udah 2 tahun terakhir ini aku tinggal di kampung kelahiranku. Dan menemani Ibuku yang sudah tua, karena sendirian. Meski tak mudah, yang biasanya kerja di Jakarta di kota besar dengan segudang aktifitas lalu tiba tiba tinggal di kota kecil yang gak ada apa apa, bayangkan betapa jenuhnya aku.


Tapi aku gak mau berlarut-larut diam, di bulan ke empat lalu, saat aku pindah kerumah Ibuku, aku memutuskan membuka toko aksesoris dengan memanfaatkan garasi dirumah.

Alhamdulillah kini sudah berjalan 1,5 tahun. Dan meski tidak seramai toko toko besar, toko aksesorisku ini selalu ada saja yang beli bahkan sudah ada pelanggan setianya lho.

Nah belajar dari lebaran tahun lalu dimana bulan ramadan, dan saat jelang lebaran toko aku ramai sekali. Maka aku mulai menyiapkan beberapa barang yang paling banyak dicari saat jelang lebaran. beberapa diantaranya adalah amplop lebaran.


Amplop Lebaran Viral dan Aku Jual


Dan inilah salah satu tips berpuasa di bulan ramadan dengan hati gembira dan produktif yaitu membuat karya yang berpotensi menghasilkan uang. Hehheh supaya cuan cuan yang terkumpul bisa buat tabungan ke makkah ya geas hehehe amiiin. 

Kamu juga pasti punya cara tersendiri untuk produktif, jangan ragu tekunin yaa....

Wah kalau sibuk dan banyak ngeluarin tenaga nanti jadi lapar dong? Hmmm tentu tidak sayangku. 

Ada tips nya dong seperti Sahur dengan yang sehat. Pastikan untuk sahur yang sehat dan bergizi agar energi tetap terjaga sepanjang hari. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan serat untuk menjaga kenyang lebih lama. 

Trus kalau bisa hindari makanan berlemak dan berat. Makan makanan ringan dan seimbang saat berbuka puasa untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan. Hindari makanan yang berlemak, berat, dan berkalori tinggi.

Dan ini adalah kunci aku nih gaes. Minum Air yang Cukup. Pastikan untuk minum air yang cukup saat berbuka dan sahur untuk mencegah dehidrasi. Aku juga menghindari minuman bersoda dan berkafein yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Ingatlah bahwa puasa tidak hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang memperkuat hubungan spiritual dengan Allah SWT dan meningkatkan kebaikan dalam diri kita. 


Ramadan juga mengajarkan untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT, termasuk makanan, minuman, dan kesempatan untuk menjalani ibadah. Ini membuat orang lebih menghargai hal-hal kecil dalam hidup dan merasa lebih berbahagia.


Semoga tips ini membantu kamu menjalani puasa dengan nyaman dan penuh berkah. Aminnn

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Silakan komentar