3 Menu Sahur Praktis Dan Enak Ala Aku

By Farichatuljannah - 10:37 AM


Siapa disini yang kalau bangun sahur penuh perjuangan? Apalagi kalau harus repot repot menyiapkan berbagai menu sahur tapi makannya toh juga sedikit heheheehe.. 

Tetap semangat ya teman-teman. Sahur merupakan berkah karena jika dilakukan dapat membuat orang yang berpuasa kuat menjalankan ibadah, tidak merasa keberatan, dan mengurangi rasa lelah ketika berpuasa.

Salah satu keutamaan makan sahur adalah sebagai bekal energi selama berpuasa. Puasa merupakan ibadah yang membutuhkan persiapan fisik yang baik, karena kita sebagai umat muslim dituntut untuk menahan haus dan lapar dari terbit fajar hingga matahari tenggelam. 


So mari semangat sahurnya!


Biar semangat sahurnya dan sat set nyiapinnya, aku biasanya punya beberapa menu andalan untuk makan sahur beberapa diantaranya yang paling favorit adalah berikut:



SATE AYAM



Wakakakaka Indonesia banget ya. Yups biasanya aku beli sate ayam setelah taraweh sambil jalan-jalan untuk dimakan nanti waktu sahur. Dan biasanya juga kalau di daerahku sini sate ayam dimakan bersama lontong bukan nasi. Jadi enak gak kekenyangan tapi cukup buat bekal puasa seharian.


Jadi pas bangun sahur tinggal panasin aja sebentar satenya dan langsung bisa disantap. Tanpa harus masak hehehe



SANDWICH 



Makanan praktis selanjutnya yang paling aku suka untuk sahur adalah Sandwich. 


Sandwich adalah hidangan yang terdiri dari dua potong roti yang diisi dengan berbagai macam bahan seperti daging, sayuran, keju, dan saus. Ini adalah makanan yang sangat populer dan serbaguna, bisa dimakan sebagai makanan ringan, sarapan, atau bahkan sebagai makan siang. Untuk itu Sandwich ini juga pas banget buat menu sahur praktis.


Bikinnya juga mudah, biasanya sudah aku siapin juga malam sebelum tidur. 


Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuat sandwich:


Bahan-bahan:

  • Roti (biasanya roti lapis atau roti gandum, tetapi kamu bisa menggunakan jenis roti yang kamu sukai kok
  • Isian bisa daging, sayuran, keju, telur, atau spread seperti mayones, mustard, atau selai
  • Sayuran seperti selada, tomat, mentimun, atau irisan paprika
  • Bahan tambahan lain sesuai selera, avocado, irisan telur rebus, dan lain-lain

Cara membuatnya :

Siapkan semua bahan yang ingin kamu gunakan. Iris atau potong bahan-bahan yang perlu dipotong agar siap digunakan. Ambil dua potong roti. Tambahkan isian sesuai selera seperti irisan daging, keju, atau spread seperti mayones atau mustard. Lalu tambahkan irisan sayuran seperti selada, tomat, atau mentimun di atas lapisan isian  Ini akan memberikan rasa segar dan tekstur yang bagus pada sandwich. Lalu ambil potongan roti lainnya dan letakkan di atas isian dan sayuran dengan sisi yang rata menghadap ke bawah. Ini akan membantu sandwich agar lebih stabil dan mudah dimakan.


Jadi deh! Kalau pengen, bisa potong sandwich menjadi dua atau empat bagian untuk memudahkan dimakan. Kemudian, letakkan di atas piring dan sajikan.


Dan kalau pengen roti yang lebih renyah, kita bisa membakarnya sebentar di oven atau toaster.


Baca juga: Menjaga Kesehatan Tubuh Di Saat Ramadan Di Guyur Hujan



SMOOTIES



Lalu menu buka puasa berikutnya yang paling aku suka praktis dan bikin kenyang plus seger adalah smooties. Smoothie adalah minuman yang terbuat dari campuran buah-buahan, sayuran, cairan seperti susu, yogurt dan tambahan lainnya seperti biji-bijian atau protein serbuk. Smoothie biasanya dibuat dengan blender hingga memiliki tekstur yang halus dan kental.

Pengen nyobain gak? caranya gampang juga kok e

Bahan-bahan:

  • Buah-buahan segar atau beku (contohnya: pisang, stroberi, mangga, blueberry)
  • Sayuran (opsional, contohnya: bayam segar atau kale)
  • Cairan (contohnya: susu almond, susu sapi, yogurt, air kelapa)
  • Tambahan opsional (contohnya: madu, biji chia, biji rami, protein serbuk)

Cara membuat

Potong buah-buahankalau pengen seger bisa pakai buah beku. Tuangkan cairan kayak susu almond, susu sapi, yogurt, atau air kelapa sesuai selera kamu ke dalam blender. Jumlah cairan dapat disesuaikan sesuai selera kekentalan yang kamu suka juga. Sekitar 1/2 hingga 1 cangkir biasanya cukup.

Trus masukkan buah-buahan dan sayuran ke dalam blender. Jika menggunakan sayuran seperti bayam atau kale, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Tutup blender dengan rapat dan nyalakan mesin. Blender semua bahan hingga halus dan konsistensi yang diinginkan tercapai. Jika smoothie terlalu kental, tambahkan sedikit lebih banyak cairan.

Cicipi dan sesuaikan tuangkan dan sajikan. Tuangkan smoothie ke dalam gelas dan nikmati segar. kamu juga bisa menambahkan hiasan seperti irisan buah atau daun mint untuk tampilan yang lebih menarik.

Yey! praktis bukan? waktu singkat dan menikmati minuman yang segar dan sehat. Selamat mencoba!


  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Silakan komentar