Musium Timah Terbesar di Asia Ada di Muntok Bangka Barat

By Farichatuljannah - 11:10 AM


Selain pantai, Kota Bangka juga terkenal sebagai kota penghasil timah. Tambang timah di Kota Bangka yang sudah menjadi komoditas identitas. Seperti yang pernah kita lihat di film Laskar pelangi


Wisata sejarah sekilas memang tampak menjenuhkan kalau kita hanya melihat dengan mata kepala saja. Tapi, akan berbeda jika memiliki antusias ingin mengetahui sejarah di balik tempat wisata tersebut. Seperti Musium Timah yang terletak di Di Jalan Jenderal Soedirman, Muntok, Bangka Barat ini.


Aku tak menyangka, bahwa Musium Timah ini merupakan musium Timah terbesar yang ada di Asia bahkan dunia. Musium timah juga hanya ada di Bangka. Yaitu di Muntok dan Pangkalpinang Kepulauan Bangka Belitung.


Nah, pada kesempatan kali ini aku berkesempatan mengunjungi yang ada di Muntok. Musium Timah yang berada disini lebih banyak bercerita tentang peleburan timah dan logam. Di Musium Timah yang dulunya dulunya adalah kantor pusat Banka Tin Winning Bedjriff milik Pemerintah Belanda (HOOFDBUREAU BANKATINWINNING), aku bisa mengetahui banyak tentang timah. Jenih timah dan berbagai olahan timah.


Musium ini terdiri dari dua lantai. Lantai satu terdiri dari berbagai macam galeri pertimahan. Sedangkan, lantai dua diisi dengan ruangan perpustakaan, kantor, auditorium dan lain-lain.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Silakan komentar